Sabtu, 13 Oktober 2012

About Gangnam Style

Siapa sih yang saat ini nggak tau ama yang namanya Gangnam Style?
Oke. Mmmm... mungkin udah telat kalo aku bahas sekarang karena ledakan dari Gangnam Style itu udah hampir dua bulan yang lalu. Udah sering dibahas di tv lagi. Tapi, it's oke mungkin dari rekan-rekan sekalian ada yang belum mengenal begitu dalam tentang apa itu gangnam style dan pelajaran apa yang bisa kita ambil dari ledakan Gangnam Style ini. Disini aku cuma ngumpulin pendapat-pendapat orang tentang fenomena ini.

Apa sih Gangnam Style itu?
Yuk, coba kita simak related stuffs soal Gangnam Style.


Nah, setelah nge-play video di atas udah tau kan apa itu Gangnam Style? hehe.
Jadi, Gangnam Style itu merupakan salah satu lagu PSY (yang merupakan rapper dari korea) di album ke 6 part 1, dan lagu ini bisa nge-hit sampe ke US! makanya kenapa si Gangnam Style ini ampe heboh banget, soalnya hebohnya bukan cuma di korea aja atau di asia aja, tapi ampe ke US yang selama ini jadi kiblat dunia hiburan internasional. Mau tau kenapa?

PSY itu sendiri seperti yang udah ditulis di atas merupakan penyanyi rapper solo senior di korea dan dari dulu memang punya aksi panggung, mimik dan musik yang unik. Lagu Gangnam Style ini pun telah berminggu-minggu ada di chart lagu Korea baik tv, radio maupun online.

Lagu Gangnam style sebenarnya menceritakan tentang laki-laki yang memiliki karakter seperti orang-orang Gangnam. Gangnam adalah nama sebuah daerah di Seoul yang sangat terkenal sebagai kotanya orang kaya, dimana harga tanah sangat tinggi di sana, terdapat banyak area shopping, entertainment, dan nightlife yang mewah. Di dalam lirik lagu ini, PSY mencari perempuan yang hangat, classy girl yang tau gimana menikmati kebebasan dengan secangkir kopi. perempuan yang memiliki hati yang lebih hangat ketika malam datang yang bisa bikin klepek-klepek deh. Soalnya PSY menggambarkan dia, seorang pria yang gayanya Gangnam banget.  Pendiam dan cool tapi tau gimana cara berpesta, kaya raya, dan enak diajak bicara.

Kira-kira apa ya yang bikin Gangnam Style ini bisa nge-hit sampe segitu WoW nya ampe mau koprol juga? hehe.. sampe penyanyi sekelas Britney Spears pun dan beberapa artis Holly Wood lainnya minta PSY buat ngajarin gerakan dance yang ada di MV Gangnam Style itu. Gerakan dance yang ada di MV nya itu seperti Horse Riding Dance. Dan apa hubungannya Gangnam Style dengan Riding Horse itu? Ada 2 kemungkinan, karena dulu Gangnam adalah tanah pertanian yang terdapat banyak kuda. atau karena kebanyakan yang tinggal di Gangnam adalah orang-orang kaya yang bisa memiliki kuda.

Berikut ini kita simak pendapat mengenai Fenomena Gangnam Style ini (dari segi marketing) :


  • Pertama, #gangnamstyle adalah sebuah produk asli korea yg punya keunikan dan differensiasi (pembeda) yg sangat kuat dibanding produk boyband yang menjamur sekarang ini.
          Ada nasihat di dunia marketing bhw utk sukses di pasar tidak hrs jd yg TERBAIK, tapi jadilah yg BERBEDA. #gangnamstyle. Differensiasi #gangnamstyle dibanding gaya tarian mainstream korea lainnya yg menjadi kata kunci & daya pikat yg hebat.

  • Kedua, simplicity atau kesederhanaan. #gangnamstyle menyuguhkan sebuah dance yg unik, lincah, jenaka, sekaligus gila .
Gerakan dan lagunya simple, sehingga orang yang menirunya pun turut menikmati. #gangnamstyle dg cepat menjadi milik semua orang. Tidak adanya embel2 hak cipta memudahkan siapapun bisa meniru, memodifikasi gaya lalu menyebarkan virus #gangnamstyle 

  • Ketiga, sentuh sisi emosional. Produk dan kampanye marketing #gangnamstyle mampu menyentuh sisi emosional audiensnya.
Emosi keceriaan, kelucuan & kebebasan yg diusung dlm gerakan #gangnamstyle akhirnya menjadi milik bersama krn merasa memiliki gerakan tsb. Sentuhan di sisi emosional audiens terbukti dg banyaknya flash mob dan aneka versi #gangnamstyle yang dibuat dan dimunculkan di media sosial. Sentuhan emosional ini membuat audiens memiliki sense of belonging pada gerakan #gangnamstyle.

  • Keempat, menjadi diri sendiri. Psy mendobrak pakem mainstream di korea bahwa seorang idola hrs tampan, suara merdu, dan tampilan menarik.
Psy seolah ingin menunjukkan bahwa menjadi diri sendiri adalah hal terbaik yang bisa seseorang lakukan. #gangnamstyle. Psy menyatakan bahwa ia membuat #gangnamstyle hanya utk pasar Korsel. Namun, video itu ternyata melejit melampaui batas demografis Korsel. Padahal video #gangnamstyle tidak menggunakan bhs Inggris. Tapi penikmat di berbagai negara lain tetap menyukainya. Kuncinya: Be Yourself! 

  • Kelima, peran social media. Tidak bisa dipungkiri, salah satu faktor terbesar kesuksesan #gangnamstyle adalah peran social media 
Video #gangnamstyle diupload pertama kali 15 juli 2012, dan hny dlm kurun waktu tidak krg dari 2 bulan, sudah jadi "virus" di seluruh dunia . Di era komunikasi horisontal saat ini, social media adalah tool marketing terbaik utk menghasilkan low budget-high impact. #gangnamstyle. #gangnamstyle hampir tak mengeluarkan bujet sepeser pun, kalaupun iya sgtlah kecil, untuk bs terkenal seperti skrg. Sebaliknya, dari social media lah, #gangnamstyle diangkat beritanya di media2 kelas dunia, seperti CNN, Bloomberg, Washington Post, BBC, dll. Indonesia jg sempat dihebohkan dg video Udin Sedunia, Briptu Norman, dan Sinta Jojo. Tapi, apa yg membuat #gangnamstyle lebih populer?. Jawabannya adalah kesiapan dan timing yg tepat. Success is when preparation meets opportunity, dan #gangnamstyle memenuhi dua unsur tsb. 
Oke. Sekian analisisnya, semoga kita bisa ambil pelajarannya ya. :)
Oiya dan ini nih lucu juga, parody nya Gangnam Style ala anak-anak Jogja, bagus juga buat disimak. Hehe.




Sumber : Muhammad Assad 
             eatdosirak.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar